Kaleidoskop Palestina 2015

No comment 277 views

Januari

14 Januari – Presiden Palestina Mahmud Abbas tiba di Kairo, bertemu dengan Presiden Mesir Abdul Fattah Al-Sisi membahas perkembangan terbaru upaya yang telah dilakukan di PBB, untuk menetapkan batas waktu mengakhiri pendudukan Israel.

17 Januari – Duta Besar Palestina untuk Italia, Mai Al-Kaila mengatakan, Parlemen Italia mengadakan pertemuan pendahuluan untuk membahas pengakuan Negara Palestina dengan perbatasan sesuai kondisi tahun 1967.

17 Januari – Mahkamah Pidana Internasional (ICC) membuka penyelidikan kejahatan perang yang dilakukan Israel di wilayah Palestina terutama selama serangan terakhir Israel di Jalur Gaza pada Juli-Agustus tahun lalu.

19 Januari – Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, AM Fachir mengatakan, RI menyambut baik langkah Mahkamah Pidana Internasional (ICC) yang berkomitmen melakukan penyelidikan atas kejahatan perang yang dilakukan para pemimpin Israel.

20 Januari – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memutuskan meluncurkan sebuah kampanye media untuk melawan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) di Den Haag yang memutuskan melakukan penyelidikan atas kejahatan perang yang dilakukan Israel di tanah Palestina.

28 Januari – Sumber Ibrani mengungkapkan rencana Israel mendorong 120 ribu orang Yahudi Perancis untuk datang dan menetap di pemukiman ilegal di Tepi Barat dalam empat tahun ke depan.

30 Januari – Buldoser Israel menghancurkan pipa air sepanjang 1.000 meter, yang sedang dibangun untuk mengalirkan air dari Desa Atoof Kabupaten Barat Tubas ke Khirbet Yezra di Lembah Yordan Utara, Wilayah Tepi Barat, Palestina, yang tidak mempunyai sumber air.

 

Februari

5 Februari – Aqsha Working Group (AWG), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang begerak di bidang kemanusiaan dan kepedulian pengembalian Masjid Al-Aqsha, berpusat di Jakarta, mendirikan Radio Online tiga bahasa di Gaza Palestina.

7 Februari – Parlemen Belgia menyetujui sebuah resolusi, dengan menyerukan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara.

7 Februari – Perdana Menteri Republik Pantai Gading Daniel Kablan Duncan menegaskan dukungan negaranya atas kemerdekaan Palestina.

11 Februari 2015 – Presiden Palestina, Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom menghadiri upacara peresmian Kedutaan Besar Palestina di Stockholm.

23 Februari – Sebuah Radio berbahasa Ibrani milik Israel mengungkapkan, Kementerian Pertahanan Israel menandatangani kesepakatan pembelian 14 pesawat tempur model F35 dari Amerika Serikat, dengan dana sebesar 2,2 milyar Dollar AS.

24 Februari – Pengadilan Federal Manhattan, Amerika Serikat (AS), menyatakan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Pemerintah Palestina bertanggungjawab karena mendukung beberapa serangan di Israel antara 2002-2004.

27 Februari – Kampanye Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) kembali ke permukaan setelah mahasiswa dan staf di School of Oriental and African Studies (SOAS) di London, menyetujui boikot akademik terhadap Israel.

 

Maret

1 Maret – Pengadilan Mesir menetapkan gerakan Palestina Hamas sebagai kelompok “teroris”.

6 Maret – Para relawan Indonesia tergabung dalam Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) di Jalur Gaza terus menyalurkan donasi amanah kemanusiaan untuk rakyat Palestina. Kali ini dalam bentuk bantuan perbaikan masjid di Jalur Gaza.

7 Maret – Ribuan pemukim Israel melakukan aksi demontrasi di lapangan Rabin di kota Tel Aviv dengan mengusung slogan “Israel menginginkan perubahan”.

18 Maret – Kubu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dengan Partai Likud, memenangkan pemilihan parlemen Israel, setelah 99 persen suara dihitung.

23 Maret – Badan PBB untuk pengungsi, UNRWA di Palestina meresmikan sekolah pertama sejak agresi Israel musim panas lalu, yang memporak-porandakan ratusan lembaga pendidikan.

 

April

1 April – Wakil Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyyah, mengadakan percakapan telepon dengan Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, membahas perkembangan terakhir di Palestina.

12 April – Sebanyak 200 pasang pengantin melangsungkan pesta pernikahan secara massal dihadiri ribuan orang berlangsung di tepi pantai, sebelah barat Kota Gaza.

13 April – Presiden Palestina Mahmud Abbas megadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

 

Mei

5 Mei – Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengumumkan partainya tidak bergabung dengan koalisi pemerintah yang dibentuk PM Benjamin Netanyahu usai pemilu.

13 Mei – Vatikan mengumumkan secara resmi mengakui keberadaan negara Palestina.

19 Mei – Di ibukota Tel Aviv, pasukan rezim Israel kembali bentrok dengan para demonstran Yahudi Ethiopia yang kembali turun ke jalan-jalan Tel Aviv untuk mengecam diskriminasi rasial yang meluas terhadap kelompok minoritas seperti yang mereka alami.

22 Mei – Pemukim ilegal Israel pagi ini membakar sedikitnya 90 pohon zaitun milik warga Palestina di Sarta, kota dekat Salfit, Tepi Barat bagian selatan, Palestina.

 

Juni

1 Juni – Lembaga Kemanusiaan, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) menyalurkan bantuan obat-obatan senilai Rp2,6 miliar kepada Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza. Bantuan diserahkan secara langsung oleh relawan MER-C di Jalur Gaza kepada pihak Kementerian Kesehatan.

6 Juni – Pengadilan Mesir membatalkan keputusan Februari oleh pengadilan lain yang mencap gerakan Islam Palestina Hamas sebagai kelompok “teroris”.

15 Juni – Lembaga Kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) menyerahkan Rumah Sakit Indonesia (RSI) yang dibangun sejak 2010 lalu di Bayt Lahiya, Gaza Utara, kepada warga Palestina.

18 Juni – Pemerintah Palestina mengumumkan malam ini waktu setempat, penetapan awal Ramadhan 1436 Hijiriyah jatuh pada Kamis 18 Juni.

23 Juni – Dr. Basel Ghattas (59), politisi Kristen anggota Parlemen Israel Knesset dari faksi Arab-IsraelThe Joint List menyatakan dukungan terhadap aksi pelayaran Freedom Flotilla III menembus blokade Gaza.

23 Juni – Freedom Flotilla III, armada kemanusiaan ketiga yang digelar para aktivis pro-Palestina internasional untuk mebuka blokade Israel di Jalur Gaza selama delapan tahun, mulai berangkat dari Yunani menuju Gaza beberapa jam lalu, kata Isam Yousef, Koordinator Konvoi Kemanusiaan Miles of Smiles.

27 Juni – Sebanyak 350 ribu kaum Muslimin menunaikan shalat Jumat kedua Ramadhan 1436 Hirjriyah di Masjid Al-Aqsha, mayoritas dari mereka adalah warga yang tinggal di Tepi Barat.

29 Juni – Kampanye Eropa untuk Mengakhiri Blokade di Gaza menyatakan Angkatan Laut Israel, Senin (29/7) fajar, menghadang dan membajak kapal “Marianne dari Gothenburg,” salah satu kapal dari armada kemanusiaan Freedom Flotilla III yang berlayar menuju Gaza.

 

Juli

3 Juli – Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memutuskan mengadopsi resolusi yang mengutuk Israel atas serangan terhadap Gaza tahun lalu.

3 Juli – Islamic State mengklaim menembakkan dua roket dari wilayah Semenanjung Sinai, Mesir dan mendarat di daerah terbuka Eshkol di Israel selatan pada Jumat (3/7).

4 Juli – Afiliasi kelompok Islamic State (ISIS) di Provinsi Sinai, Mesir, mengaku telah menembakkan tiga roket Grad ke Israel.

6 Juli – Lebih dari 100 Anggota Parlemen Eropa mengumumkan dukungannya untuk mengakui LSM Palestina yang berbasis di London, Palestinian Return Centre (PRC), mendapat status konsultatif di Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC).

7 Juli – Aktivis kemanusiaan di Inggris dan Australia menggelar aksi protes di kantor pusat dan pabrik senjata Elbit Systems, untuk memperingati satu tahun serangan Israel di Gaza yang menggunakan drone (pesawat tanpa awak) disediakan perusahaan milik Israel berbasis di Inggris itu.

7 Juli – Kelompok pemukim ilegal ekstrimis Yahudi mendukung serangan meluas ke Masjid Al-Aqsha di Al-Quds dalam persiapan peringatan hari raya Yahudi “Kehancuran Kuil” pekan depan, yang dilindungi oleh polisi pendudukan Israel.

11 Juli – Sebuah pabrik desalinasi air yang didanai oleh organisasi bantuan Turki diresmikan di dekat kamp pengungsi Al-Shati, Jalur Gaza.

11 Juli – Sayap militer Hamas, Bragade Izzuddin Al-Qassam memamerkan dua roket jenis baru buatan sendiri dalam pawai memperingati setahun agresi Israel terhadap Jalur Gaza.

13 Juli – Pemerintah Israel menyetujui rencana membangun lingkungan perumahan di atas reruntuhan sebuah pemakaman Muslim kuno bersejarah di Yerusalem Barat, harian Israel Haaretzmelaporkan.

14 Juli – Lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) menyalurkan setidaknya 2.500 paket sahur dan berbuka puasa kepada warga Palestina di Jalur Gaza yang membutuhkan.

26 Juli – Sayap Militer Gerakan Islam Palestina Hamas, Izzuddin Al-Qassam menggelar pelatihan militer terhadap 25 ribu warga Palestina dari berbagai usia untuk menjadi generasi pembebasan Al-Aqsha dan Palestina.

30 Juli – Lembaga pengawas Hak Asasi Manusia, Amnesty International pada Rabu (29/7) kemarin merilis laporan yang menyatakan bahwa ada bukti kuat pasukan Israel telah melakukan kejahatan perang selama agresi militer tahun lalu terhadap Jalur Gaza.

 

Agustus

9 Agustus – Kelompok pemukim ilegal ekstrimis Yahudi Israel, mengibarkan Bendera Israel di luar kompleks Masjid Al-Aqsha, tepatnya di depan Gerbang Rantai, Al-Quds.

10 Agustus – Pemukim ilegal ekstrimis Yahudi membakar ratusan hektar lahan penggembalaan di lokasi yang berbeda-beda di selatan Kota Nablus, utara Tepi Barat.

13 Agustus – Gerakan Perlawanan Islam Palestina Hamas mengumumkan telah berhasil menangkap drone Israel, yang kemudian digunakan secara penuh oleh sayap militernya, Izzuddin Al-Qassam.

20 Agustus – Sayap militer gerakan perlawanan Islam Palestina Hamas, Izzuddin Al-Qassam berhasil menggagalkan operasi khusus pasukan angkatan laut Israel di lepas laut Gaza beberapa waktu lalu.

25 Agustus – Pejabat senior Hamas di Jalur Gaza, Palestina, Mahmoud al-Zahhar mengungkapkan, organisasinya menolak undangan dari Tony Blair untuk mengunjungi London. Mantan PM Inggris itu sedang berusaha jadi pendamaian Palestina – Israel.

26 Agustus – Satu tahun setelah perjanjian gencatan senjata mengakhiri perang 51 hari di Gaza, ratusan ribu orang telah menandatangani petisi yang mendesak para pemimpin dunia menekan Israel agar mencabut blokadenya pada Jalur Gaza.

28 Agustus – Juru bicara Badan PBB untuk Urusan Pengungsi (UNRWA), Adnan Abu Hasna mengatakan, organisasi internasional itu akan membangun 60 sekolah baru di wilayah Palestina, termasuk 40 di Jalur Gaza.

 

September

1 September – Delegasi dari Turki berkunjung ke Jalur Gaza pada Ahad (30/8), dan bertemu dengan beberapa pejabat Palestina, serta pengusaha swasta untuk membahas perekonomian Palestina.

7 September – Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini, menyatakan pihaknya memutuskan untuk memberikan label ‘ilegal’ pada produk-produk yang diproduksi di permukiman ilegal Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

7 September – Menteri Wakaf dan Urusan Agama Palestina, Syaikh Yousef Adeis mengatakan, gelombang pertama dari calon jamaah haji dari Jalur Gaza akan memulai ibadah haji dari Senin ini (7/9) hingga Rabu (9/9) melalui perbatasan Rafah yang dibuka oleh Pemerintah Mesir.

15 September – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk serbuan pasukan Israel terhadap kompleks Masjid Al-Aqsha di Al-Quds.

17 September – Dewan kota di Ibu kota Islandia, Reykjavik, menyetujui sebuah resolusi yang melarang masuknya seluruh produk buatan Israel, sebagai aksi protes atas kebijakan apartheid Israel terhadap Rakyat Palestina.

19 September – Tentara Israel hari ini, mencegah Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah dan delegasinya untuk memasuki kawasan kota Al-Quds (Yerusalem Timur), media center pemerintah Palestina melaporkan.

 

Oktober

1 Oktober – Bendera Palestina untuk pertama kalinya berkibar di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS). Presiden Palestina Mahmud Abbas hadir langsung dalam peristiwa bersejarah itu.

2 Oktober – Ketua Aqsa Working Group (AWG) Agus Sudarmadji menyerukan kembali boikot produk Israel, di tengah maraknya aksi boikot di berbagai negara.

12 Oktober – Dana Saudi untuk Pembangunan baru-baru ini mengirimkan dana sejumlah 60 juta Dolar AS (sekitar 811,25 miliar rupiah) ke rekening Kementerian Keuangan Palestina.

11 Oktober – Parlemen Yordania mencap Israel sebagai “negara teroris” setelah pasukan Yahudi menembak mati tujuh warga Palestina dan melukai lebih 140 lainnya di Gaza.

12 Oktober – Atas permintaan Otoritas Palestina (PA), Liga Arab memutuskan mengadakan pertemuan darurat, membahas kekerasan Israel terhadap rakyat Palestina, tanah dan tempat-tempat suci di Al-Quds.

21 Oktober – Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan tertutup untuk membahas serangkaian aksi kekerasan antara para warga Israel dan Palestina, sehingga menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa dalam dua pekan terakhir.

21 Oktober – Sekjen PBB Ban Ki-moon, Selasa, berkunjung ke Timur Tengah untuk bertemu dengan para pemimpin Palestina dan Israel, dalam upaya meredakan ketegangan yang saat ini bergolak di kawasan itu, seorang juru bicara PBB menyatakan kepada wartawan di New York.

 

November

3 November – Qatar melalui Al-Fakhoora Education Group telah meluncurkan beasiswa pendidikan untuk mengembangkan potensi siswa Palestina. Sebuah proyek 10 tahun dalam bentuk program beasiswa penuh kepada 100 siswa selama empat sampai lima tahun level pendidikan tinggi.

3 November – Bank Dunia menyepakati dua hibah dengan nilai total delapan juta dolar AS untuk “memperbaiki layanan dasar dan mutu pendidikan bagi rakyat Palestina.”

9 November – Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Ahad (8/11) kemarin, melakukan pertemuan dengan Presiden Mesir, Abdel Fattah Al-Sisi, di Kairo untuk membahas situasi kemanusiaan dan keamanan yang memburuk di wilayah pendudukan Palestina

12 November – Uni Eropa baru-baru ini memperkenalkan pedoman pelabelan baru untuk produk-produk yang diproduksi oleh pemukim ilegal Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

28 November – Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika (UNECA) mengibarkan bendera negara Palestina di kantor pusatnya di ibukota Ethiopia, Addis Ababa, untuk menunjukkan solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina guna menjamin hak mereka mendirikan sebuah negara.

 

Desember

6 Desember – Sebuah delegasi Jepang dari Yayasan Hokkaido yang membantu layanan kesehatan di Palestina, mengunjungi Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah di Gaza. Lembaga itu ingin memberikan bantuan.

7 Desember – Badan Bantuan dan Pekerjaan untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) menyerahkan 600 unit rumah yang didanai Uni Emirat Arab untuk keluarga pengungsi di Gaza.

7 Desember – Pertemuan tingkat tinggi antara Hamas dan Lebanon, Senin (7/12), membahas hubungan bilateral dan perkembangan terbaru di area Palestina dan Lebanon.

9 Desember – Indonesia dipercayai Komite Palestina Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjadi tuan rumah diselenggarakannya Konferensi Internasional tentang permasalahan Yerusalem di Hotel Borobudur, Jakarta, pekan depan.

21 Desember – Yunani akan mengakui negara Palestina dalam pemungutan suara parlemen yang akan dihadiri oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

22 Desember – Menteri Dalam Negeri dan Wakil Perdana Menteri Israel, Silvan Shalom menyatakan mundur dari jabatannya dan meninggalkan panggung politik setelah laporan beberapa wanita bahwa Shalom melakukan pelecehan seksual dan serangan tidak senonoh terhadap mereka.

24 Desember –Proses operasi bedah pasien perdana di Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina, disiarkan secara live melalui video telekonferens dengan relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) di Jakarta.

Sumber: Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

No Response

Leave a reply "Kaleidoskop Palestina 2015"