Sambut Ramadhan Suci Dengan Aksi Berbagi

No comment 72 views

Sambut Romadhon Suci Dengan Aksi BerbagiTidak terasa kita telah berada di akhir bulan harom ke-empat, tepatnya tgl.28 bulan Rojab tahun 1438H. Dua bulan lagi akan segera menyusul, yakni Sya'ban dan Romadhon. Sebelum menggapai amalan yang pahalanya dilipat-gandakan di bulan Romadhon nanti, tentu kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Untuk itulah Al-Aqsa Working Group (disingkat AWG) mempersiapkan program amal sholih (disingkat PAS).

Program amal-sholih ini berupa rangkaian Expo Cinta Al-Aqsho, yang akan berlangsung selama 1 s/d 3 hari dalam 6 pekan, yakni 3 pekan awal Sya'ban dan 3 pekan awal Romadhon, insya Alloh.

Expo Cinta Al-Aqsho akan menyediakan layanan sosialisasi mencakup Informasi Masjid Al-Aqsho, Orang Tua Asuh Palestina, Shodaqoh Ifthor Muslimin Palestina dan Shodaqoh Sembako Gaza Palestina.
Berdasarkan firman Alloh Ta'ala berikut :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ - 5:35

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Alloh dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.” [QS.Al-Maidah 05/35]

Demikianlah seruan Robb semesta alam, yang menyuruh mukminin, semoga kita yang hadir dan siapa pun yang mendengar suara kami termasuk didalamnya, agar mencari jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Perjuangan pembebasan Masjid Al-Aqsho yang telah difatwakan oleh Imamul Muslimin, Muhyiddin Hamidy rohimahulLoh, sejak tahun 2006 lalu adalah bagian daripada jihad fi sabililLah. Jihad benar-benar memerlukan pengorbanan yang luar-biasa, dimulai dari harta, pikiran, tenaga dan jiwa. Mengapa jihad diawali dengan pengorbanan harta? Salah satunya adalah sabda Muhammad RosululLoh shollalLohu 'alayhi wa sallam berikut :

"Dan sungguh harta itu seperti dedaunan hijau yg manis. Maka beruntunglah seorang muslim yang dengan hartanya dia menyantuni orang-orang miskin, anak yatim dan ibnu sabil (musafir yang kehabisan bekal)." [HR.Bukhori 1372]

Jihad fi sabililLah kita mulai dengan penyantunan muslimin di Palestina, bumi ribath dan bumi jihad, agar mereka disana sanggup bertahan melawan kesewenangan Yahudi Israel.

Pengorbanan harta bagi orang-orang miskin akan kita arahkan guna menyantuni Anak Yatim di Palestina dan Orang Miskin di Gaza, Palestina, insya Alloh.

Adapun program amal-sholih AWG jelang dan selama Romadhon adalah sebagai berikut :

1).Orang Tua Asuh Palestina (disingkat OTA-Palestin)

#Berapa banyak anak yang kita akan santuni?

Menyantuni 50 anak dari sejumlah 39 ribu anak-anak Palestina yang kondisinya Yatim, atau Piatu, atau keduanya. Angka 39 ribu tersebut adalah data tahun 2010, berdasar Palestinian Family Survey 2010 (Final Report), United Nations Fund for Population Activities (UNFPA) & United Nations Children's Fund (UNICEF), Oktober 2013.

#Apa bentuk santunan kita?

Bentuk santunan adalah pembiayaan pendidikan dan sebagian keperluan hidup mereka, sebesar $US 50 per 2 (dua) bulan sekali. Program akan berjalan rutin hingga anak-anak yang kita santuni mencapai usia 17 tahun, yakni usia dewasa.

#Seberapa besar sasaran program ini?

Total sasaran sejumlah $US 50 x 50 anak x 2 bulan sekali = $US 1.250 per bulan atau $US 15.000 per tahun, Sebanding dengan Rp.18.750.000,- (delapan belas juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan.

Ingatlah akan sabda Nabi shollalLohu 'alayhi wa sallam berikut :

"Orang yang menanggung anak yatim miliknya atau milik orang lain, aku dan dia seperti dua jari ini di Jannah. Malik (perowi hadits) mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengahnya." [HR.Muslim 5296]

2).Shodaqoh Sembako Gaza Palestina (disngkat SSG-Palestin)

#Berapa orang yang kita akan santuni?

Menyantuni 1.000 keluarga muslimin Palestina di Gaza (dari total 1,8 juta warganya) yang terisolir karena blokade Zionis Israel sejak tahun 2006 lalu, artinya mereka sudah jalani 11 tahun di-blokade!

#Bagaimana bentuk santunan kita?

Bentuk santunan adalah bahan makanan sebesar $US 100 per paket per keluarga.

#Seberapa besar sasaran program ini?

Total sasaran sejumlah $US 100 x 1.000 keluarga = $US 100.000 per Rojab s/d Romadhon 1438H Sebanding dengan Rp.1.500.000,- per keluarga muslimin sekali bantuan.

Apa yang disabdakan Nabi shollalLohu 'alayhi wa sallam tentang membantu orang miskin?
"Orang yang membantu para janda dan orang-orang miskin seperti orang yang berjihad di jalan Alloh." [HR.Bukhori 5548]

3).Shodaqoh Ifthor Muslimin Palestina (disingkat SIM-Palestin)

#Seberapa banyak sasaran kita?

Menyantuni 2.000 muslimin Palestina untuk berbuka puasa selama 5 hingga 10 hari pada bulan Romadhon, baik yang berada di Masjid Al-Aqsho maupun di Gaza.

#Apa bentuk santunan kita?

Bentuk santunan adalah pembelian makanan buka puasa sebesar $US 10 per paket ifthor.

#Berapa total shodaqoh ifthor?

Total sasaran sejumlah $US 10 x 2.000 orang = $US 20.000 per Romadhon 1438H. Sebanding dengan Rp.150.000,- per paket ifthor bagi muslimin Palestina. Bagaimana NabiyulLoh shollalLohu 'alayhi wa sallam bersabda tentang hal ini? Berikut hadits beliau :

"Barangsiapa yang memberi makan orang untuk berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun." [HR.Tirmidzi 735, Ibnu Majah 1736, Darimi 1640]

Demikianlah tiga program amal-sholih yang dicanangkan oleh Al-Aqsa Working Group jelang dan selama bulan Romadhon penuh berkah, dengan slogan :
"Sambut Romadhon Suci Dengan Aksi Berbagi"

No Response

Leave a reply "Sambut Ramadhan Suci Dengan Aksi Berbagi"