Pernyataan Sikap, Press Release

PERNYATAAN SIKAP  AQSA WORKING GROUP ATAS PERAYAAN TAHUN BARU YAHUDI DAN RITUAL TALMUDIK DI MASJID AL AQSA DAN MASJID IBRAHIMI HEBRON

Sehubungan dengan perayaan tahun baru Yahudi dan ritual Talmudik di dalam Masjid Al Aqsa dan Masjid Ibrahimi Hebron sejak tanggal 25-27 September 2022 yang memicu bentrokan dengan umat Islam di Palestina, Aqsa Working Group menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut:

  1. Mengutuk dengan keras perayaan tahun baru Yahudi dan ritual talmudik oleh ekstrimis kolonial di Masjid Al Aqsa dan Masjid Ibrahimi, Hebron. Dalam rangka perayaan itu, Zionis Yahudi membatasi umat Islam yang akan memasuki Masjid Al Aqsa, bahkan menutup Masjid Ibrahimi untuk umat Islam.
  2. Perayaan dan ritual itu adalah pelecehan, penistaan, terorisme terhadap  kesucian Masjid Al Aqsa dan Masjid Ibrahimi dan tindakan provokatif yang memicu perselisihan bahkan perang antar agama.
  3. Perayaan tahun baru Yahudi di Al Aqsa dan Masjid Ibrahimi  itu juga semakin menunjukkan bahwa Zionis Yahudi sama sekali tidak memiliki itikad baik membangun perdamaian di kawasan itu dan dunia.
  4. Menyerukan umat Islam di mana saja berada untuk merespon kedzaliman Zionis Yahudi di Al Aqsa dan Masjid Ibrahimi dengan berbagai upaya konkret. Terutama negeri-negeri tetangga Palestina. Karena menjaga kedua masjid mulia itu adalah tanggung jawab seluruh umat Islam, bukan hanya muslimin yang ada di Palestina.
  5. Al Aqsa adalah puncak dari usaha Zionis Yahudi mewujudkan negara rasis Israel Raya. Mereka secara sistematis menghalangi umat Islam yang akan beribadah di dalamnya bahkan berusaha menghancurkan masjid ketiga paling mulia itu dan menggantinya menjadi Solomon Temple.
  6. Tak ada orang atau kelompok yang lebih dzalim selain yang menghalang-halangi manusia untuk beribadah di masjid  bahkan berusaha merusaknya (QS. Al Baqarah 114).

Demikian pernyataan ini kami sampaikan, semoga Allah Ta’ala memudahkan usaha kita, dan mencatat-nya menjadi amal sholeh. Atas perhatiannya, kami ucapkan syukran jaziila dan jazaakumullah khairan jazaa’. Allahu Akbar, Al Aqsa Haqquna.

الحمد للّه إياك نعبد وإياك نستعين

Bogor, 29 Shafar 1444 H / 27 September 2022 M

Pengurus pusat

Aqsa Working Group / M. Anshorullah / Ketua Presidium